Catatan Seru Dan Haru Mewujudkan Mimpi Di Inggris




Judul               : Notes From England
Penulis             : Ario Muhammad dan Fissilmi Hamida
Penerbit           : Elex Media Komputindo
Terbit               : Desember 2017
Tebal               : 236 halaman


Siapa yang ingin kuliah di Inggris?
Mungkin banyak dari kalian yang mengacungkan jari demi menjawab pertanyaan di atas. Tapi, apakah kalian sungguh-sungguh ingin kuliah di Inggris? Sudah siap gagal dua puluh lima kali seperti Ario? Sudah siap mental jika ada yang menghina “kalau nggak punya uang, nggak usah kuliah” seperti Mimi- Fissilmi Hamida?


Kuliah di Inggris bukan hanya sekadar bunga tidur bagi Ario dan Mimi. Keduanya telah membuktikan bahwa mimpi hanya akan terwujud dengan kerja keras, sabar, doa dan ikhtiar. Perjuangan dua orang kampung yang berhasil kuliah di Inggris ini terangkum dalam sebuah buku catatan dengan judul Notes From England: Chase Your Dreams and Make Them Happen.


“Benar. semua berawal dari mimpi. Namun, mimpi yang tidak diperjuangkan hanya akan berakhir menjadi seonggok khayalan. Seonggok imajinasi yang tak akan pernah terjadi.” (hlm. 3)


Kisah jatuh bangun dari sejak mereka berburu beasiswa, menghadapi berbagai penolakan, tes dan wawancara yang menyita waktu dan intelektualitas, hingga kisah haru selama hidup di negara mayoritas non muslim, semua tercatat dengan apik.


Perjuangan Ario dengan dua puluh lima kali penolakan dari berbagai universitas di Eropa, membawanya tidak hanya kuliah di Inggris, tapi juga berkesempatan mengenal peneliti hebat dunia di Jepang, Turki hingga Kutub Utara. Sedangkan hinaan yang diterima Mimi dapat menjadikan ia lebih tegar dan berhasil membalas “dendam” kepada si penghina saat dirinya menjadi mahasiswa terbaik saat wisuda.


Menjadi seorang muslim yang hidup di negara dengan mayoritas non muslim tidaklah mudah. Berbagai diskriminasi mereka hadapi dengan tetap berbuat baik dan senyum tulus kepada siapa pun.


“Teruslah menanam kebaikan, karena bisa jadi saat kita butuh pertolongan, Tuhan akan mengirimkan mereka yang berhati malaikat sebagai balasan atas segala kebaikan yang kita tanam” (hlm. 212).


Buku ini dapat menjadi salah satu panduan bagi kalian yang ingin melanjutkan sekolah di Inggris. Tips seputar beasiswa, berbagai info tes dan wawancara hingga cara memecahkan masalah akibat berbagai tuntutan perkuliahan yang begitu besar, semua terangkum dalam buku 236 halaman ini.



Dari segi tampilan halaman buku, cukup baik. Hanya saja akan lebih berkesan jika foto-foto yang ditampilkan lebih berwarna, hal itu akan membuat pembaca merasakan sensai real saat melihat foto-foto di Inggris. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu profil penulis. Bagi saya profil penulis bagian penting yang harus ada di setiap buku. Sayang sekali di buku ini tidak tersedia halaman profil penulisnya.


Suka dengan resensi ini? Berikut informasi tentang penulisnya
Nia Hanie Zen - Depok

Mba Nia juga bisa ditemui di
Twitter & instagram: @nia_hnie - nulisajayuk.blogspot.com - niahnie@gmail.com -

Komentar