Mengajar Anak Anda Mengenal Allah Melalui Membaca


Judul                                       : Mengajar Anak Anda Mengenal Allah Melalui Membaca     
Penulis                                    : Mohammad Fauzil Adhim
Penerbit                                   : Al-Bayan, 1996
Jumlah halaman                      : 120 halaman



Di sampul buku tertulis, Mengajar Anak Anda Mengenal Allah Melalui Membaca. Buku karya Mohammad Fauzil Adhim ini merupakan buku How To. Bagaimana caranya orang tua mengajarkan anak mengenal Allah lewat bacaan.


Lebih dari separuh buku pembahasan hanya berbicara seputar bagaimana orang tua mengenalkan anak pada aktivitas membaca. Buku bacaan yang baik untuk anak yang belum bisa membaca adalah buku bergambar yang tulisannya hanya sedikit atau tidak ada sama sekali tulisan. Buku didominasi dengan gambar ini biasa dinamakan dengan Wordless Picture Book (WPB).


Bagi anak yang belum mengenal huruf sama sekali, WPB ini amat menariknya. Buku bergambar, berwarna membuatnya mau untuk memegang, melihat dan membuka-buka halaman buku.


Anak dibiarkan untuk menilai dan mengomentari gambar-gambar itu. Bahkan biarkan si anak ‘mengajarkan’ ayah dan ibunya.


Bila anak tidak memberikan penilaian, orang tua bisa memancing agar si anak mau memberi pendapat dan penilaiannya. Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan di antaranya.


Memberi teladan kepada anak, dengan cara membaca di depan anak juga merupakan hal yang penting. Tujuannya agar anak tahu bahwa aktivitas membaca adalah sesuatu yang penting dan mengasyikkan. Sampai-sampai si anak tahu bahwa orang tuanya punya waktu khusus untuk membaca.


Membacakan cerita kepada anak, mengenalkan buku huruf bergambar dan berwarna, mengajak anak jalan-jalan ke toko buku, perpustakaan, memintakan anak menceritakan kembali cerita yang sudah dibacakan, merupakan diantara tips-tips yang bisa ditempuh orang tua agar buah hatinya senang membaca.


Karena tujuannya agar anak menjadi pribadi yang gemar membaca, maka orang tua perlu menyesuaikan buku yang sesuai dengan minat anak. Memberikan buku yang tidak diminati anak akan menjadi boomerang. Memilih buku yang akan diberikan kepada anak disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak.


Buku ini baik orang tua yang amat peduli dengan pendidikan anak-anaknya. Berbeda dengan buku pendidikan anak karya Abdullah Nashih Ulwan yang membaca pendidikan anak secara luas, buku ini hanya membahas aktivitas membaca untuk memperkenalkan Allah kepada anak. Berbeda juga dengan buku karya Aidh Al-Qorni yang berjudul Merawat Anak.


Jika sudah membaca karya Abdullah Nashih Ulwan dan Aidh Al-Qorni di atas, tidak ada salahnya melengkapi dengan buku ini.


Saya sempat merasa bosan membaca buku ini. Membaca dari satu tips ke tips yang lain. Tapi karena pembahasannya singkat dan padat, pembacaan tips berikutnya bisa dilanjutkan esok hari misalnya.


Selain penuh tips, buku ini juga kaya dengan pembahasan psikologi anak. Memberi kesempatan kepada anak berpendapat, menghargai pendapat anak, memberi pujian pada anak, menghargai privasi anak dan sebagainya.


Di dalam buku Dunia Kata, Moh. Fauzil Adhim menjelaskan bahwa jika ingin menjadi penulis yang handal, maka ajukan naskah ke penerbit, redaksi-redaksi majalah atau Koran yang sulit ditembus. Buku Mengajar Anak Anda Mengenal Allah Melalui Membaca ini diajukan Mohammad Fauzil Adhim ke penerbit yang waktu itu sulit untuk ditembus dan dia berhasil.


Mohammad Fauzil Adhim dikenal sebagai penulis buku-buku yang berkaitan dengan keluarga. Oleh karenanya buku Mengajar Anak Anda Mengenal Allah Melalui Membaca, layak untuk dibaca. Namun membacanya perlu kesabaran. Buku yang ada di tangan saya sudah cetakan keempat dan dicetak tahun 1996.




Suka dengan resensi ini? Berikut informasi penulisnya
Arya Noor Amarsyah - Pria - Bekasi - Editor, penulis, translator

Pak Arya dapat ditemui di
Facebook: facebook.com/arya.nooramarsyah - ichlasp@gmail.com - instagram: @aryanooramarsyah4407

Komentar